Akademi Berbagi, Kelas ‘Intangible Strategy for Digital Property’

Dunia maya sudah sangat populer di kalangan masyarakat dewasa ini, tidak hanya untuk orang dewasa bahkan anak kecil yang masih berusia dini sudah mengenal dunia maya. Sebut saja seperti facebook dan twitter yang merupakan salah satu media di dunia maya bagi semua orang untuk berinteraksi walaupun hanya sekedar tebar pesona, say hello sana sini dan bernarsis ria.

Namun kini social media di dunia maya sudah semakin memberi manfaat positif bagi masyarakat dan tentu tidak hanya hal positif, beragam tindak kejahatan juga beredar di dunia maya, hal ini terlihat dari beberapa kali tersiar berita di televisi mengenai tindak penipuan dari dunia maya.

Namun, di kelas Akademi berbagi JKT (follow: AkberJKT) yang dibahas adalah bagaimana mengoptimalkan dunia maya untuk hal-hal yang positif seperti menjalankan bisnis dan usaha berbasis ecommerce.

Akademi Berbagi adalah salah satu kegiatan yang di pelopori oleh para volunteer yang mempunyai hati yang mulia untuk membuat kegiatan rutin dan saling berbagi untuk memberikan edukasi bagi para masyarakat yang haus akan ilmu. Kegiatan yang dilakukan Akber ini terbuka untuk umum dan gratis bahkan bila beruntung di sesi kelas ada makanan dan minuman gratis dari sponsor. ^^

Akber tersebar di beberapa kota di Indonesia, berhubung saya masih tinggal di Jakarta, maka saya mengikuti kelas AkberJKT. Dan saya mengikuti kelas pada tanggal 11 April 2013 lalu yang mengangkat topik mengenai  ‘Intangible Strategy for Digital Property’. Kelas ini diadakan pkl. 19.00 sampai 21.00 di 4fingers, FX Sudirman. Kelas AkBerJKT ini berkolaborasi dengan BataraDigital dan juga Entrepreneur Festival.

Di kelas ini, dibahas mengenai bagaimana cara mengoptimalkan dunia maya terutama bagaimana memasarkan produk atau usaha kita di dunia maya. Tidak sedikit orang yang gemar menelusuri dunia maya, sudah barang pasti mempunyai blog atau website atau paling tidak mempunyai akun di jejaring sosial yang bertebaran di dunia maya.

Nah, ketika kita punya blog atau website sudah pasti kita ingin orang lain menemukan blog atau website kita. Banyak fasilitas yang tersedia gratis di internet seperti blog gratis namun juga banyak orang tidak segan untuk menggunakan blog atau website yang berbayar. Karena blog atau web yang berbayar terkesan akan lebih elegan dan professional.

Terlepas dari hal tersebut, yang perlu diperhatikan dalam membuat website:

  1. Konten/artikel yang menarik dan tidak bertebaran iklan sehingga konten enak dilihat
  2. Struktur menu yang jelas sehingga tidak membingungkan pengunjung
  3. Mudah diindex oleh mesin pencari
  4. Ukuran file ringan
  5. Pemasaran (SEO dan SMO) hal ini penting
  6. Security

SEO atau Search Engine Optimization adalah trik pemasaran yang diperlukan agar web kita mudah dikenal di dunia maya. Yang perlu diperhatikan seperti:

–          Buat artikel/konten website unik dan menarik

–          Keyword

–          Promosikan website

–          Back link

–          Umur website

–          Update web sesering mungkin

SMO atau Social Media Optimization adalah trik pemasaran dengan memanfaatkan jejaring sosial media yang ada di dunia maya. Yang perlu diperhatikan seperti:

–          Artikel/konten layak untuk di-share

–          Buat tombol share dan bookmarking

–          Sebar konten web

–          Hindari spam

–          Interaksi dengan user lain

Jual beli di internet juga sudah menjamur di masyarakat dan teknik ini juga dapat dilakukan agar orang lain menemukan produk yang kita pasarkan dan dapat melakukan transaksi jual beli. Jual beli ecommerce di dunia maya sudah sangat populer karena ada beberapa kelebihan dibandingkan kalau kita membuka sebuah toko seperti:

–          Kita dapat meminimalisir karyawan

–          Transaksi jual beli bisa dilakukan 24 jam

–          Market yang lebih luas karena bisa diakses oleh siapa saja dan kapan saja, jadi tidak terbatas ruang dan waktu

Banyak ilmu yang saya peroleh dari kelas ini dan sangat bermanfaat dan menambah wawasan. Di akhir sesi ini juga ada doorprize untuk yang bisa menjawab pertanyaan dan yang memberikan pertanyaan yang bagus.

Terakhir untuk mengabadikan momen indah itu, maka kami berfoto bersama ^^

Peserta kelas AkberJKT di 4Fingers,FX Sudirman

Peserta kelas AkberJKT di 4Fingers,FX Sudirman

Post Navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *