Taman Alam Lumbini : Replika Pagoda Shwedagon Di Tanah Karo

Ketika saya kembali ke kampong halaman, perjalanan dari Medan ke rumah melewati daerah Berastagi. Setelah masuk ke kawasan Kabupaten Karo, jauh disana tampak seperti menara yang tinggi menjulang berwarna keemasan. Saya penasaran, karna tampak dari kejauhan bangunan itu sangat megah dan seingat saya sebelumnya bangunan itu belum ada.

Setelah bertanya ke adik, ternyata bangunan itu Taman Alam Lumbini. Mulai dikelola dan dibuka untuk umum sejak tahun 2010. Pantas saja, selama saya tinggal di Medan, saya belum pernah melihat bangunan tersebut.

Di area Taman Alam Lumbini ini terdapat pagoda indah nan megah yang merupakan replika pagoda shwedagon yang di Myanmar. Pagoda ini dibangun sebagai tempat sembahyang bagi umat Buddha. Namun tidak hanya umat Buddha yang berkunjung ke taman ini, semua orang dari kalangan juga bebas masuk ke kawasan taman dengan syarat harus mengisi buku tamu, melepas alas kaki dan tidak boleh makan dan minum di sekitar area taman. Syarat ini sangat wajar mengingat kawasan ini memang tempat untuk beribadah sehingga para pengunjung sudah sepantasnya menghormati peraturan yang ada.

Replika Pagoda

Replika Pagoda

Replika pagoda yang tertinggi di Indonesia ini, sering sekali dipadati para pengunjung terutama di hari libur. Ketika saya kesana, kebetulan sekali ada persiapan untuk melakukan ibadah atau acara (saya lupa acara apa) sehingga pengunjung tidak diperbolehkan masuk ke dalam pagoda. Para pengunjung hanya bisa menikmati keindahan arsitektur pagoda dari luar dan mengelilingi seputar Taman Alam Lumbini.

Ada sedikit rasa kecewa karena tidak bisa berkeliling sampai ke dalam pagoda, tapi bagaimana pun kita harus menghormati peraturan yang ada, dan kami pun berkeliling sambil berfoto di spot-spot yang menarik untuk mengabadikan momen itu.

Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini

Hujan rintik mulai semakin deras, namun pengunjung masih enggan pulang dan meninggalkan kawasan taman, sebagian besar masih berkeliling menggunakan paying, sebagian lagi berteduh di saung yang ada. Sampai hujan pun mengguyur kota Berastagi, Pagoda masih belum sepi pengunjung.

Kemunculan Taman Alam Lumbini menjadi salah satu objek wisata religi yang dimiliki kota Berastagi disamping suguhan alam pegunungan yang sejuk.

Post Navigation

4 Thoughts on “Taman Alam Lumbini : Replika Pagoda Shwedagon Di Tanah Karo

  1. Oh nooooooooo,,,, kemarin liat postingan yg sama dari temen2 blogger Aceh, jadi mupengggg ahhh,,,, nanti deh klo ke Medan saya ke sini hehe

  2. rencananya mau ke brastagi, ini lokasinya dimana ya??? berasa di thailand ya 😀

    • hai Mbak, 🙂 ..
      lumbini itu dekat dengan tahura (taman hutan raya), Tongkoh Mbak.. Dari tahura (tongkoh) itu ada pertigaan tugu jeruk berastagi, ambil jalan yang belok kiri.. sudah tidak jauh dari situ.. dari kejauhan pagoda nya sudah keliatan karena menjulang tinggi 😀
      kpn mau ke berastagi mbak?? waah, pasti seru niy, selamat menikmati sejuknya alam berastagi yaa ..

Leave a Reply